Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 : 2004

Sebuah Sistem Manajemen Lingkungan (EMS) adalah alat untuk mengelola dampak dari kegiatan organisasi di lingkungan. Memberikan suatu pendekatan terstruktur untuk perencanaan dan pelaksanaan langkah-langkah perlindungan lingkungan.
Sebuah EMS memonitor kinerja lingkungan, mirip dengan cara sistem pengelolaan keuangan yang memonitor pengeluaran dan pendapatan dan memungkinkan pemeriksaan reguler dari kinerja keuangan perusahaan. Sebuah EMS mengintegrasikan pengelolaan lingkungan ke dalam operasi perusahaan sehari-hari, perencanaan jangka panjang dan lain kualitas sistem manajemen.
Komponen yang EMS
Untuk mengembangkan sebuah EMS, sebuah organisasi telah untuk menilai dampak terhadap lingkungan hidup, menetapkan target untuk mengurangi dampak tersebut, dan bagaimana rencana untuk mencapai sasaran.
Komponen yang paling penting dari EMS adalah komitmen organisasi.. Untuk EMS yang efektif untuk dikembangkan dan dilaksanakan, Anda perlu komitmen dari sangat atas organisasi, serta semua staf. Berikut ini adalah beberapa contoh komponen yang harus dipertimbangkan apabila mengembangkan sebuah EMS.
Kebijakan Lingkungan: ini adalah pernyataan dari sebuah organisasi yang berniat untuk mencapai dari EMS. Ia memastikan semua lingkungan kegiatan yang konsisten dengan tujuan organisasi.
Identifikasi Dampak Lingkungan: identifikasi dan dokumentasi yang sebenarnya dan potensi dampak lingkungan dari suatu organisasi operasi perlu dilakukan. Hal ini dapat dicapai melalui melakukan audit lingkungan hidup.
Tujuan dan Sasaran: sebuah audit lingkungan yang menjadi dasar penentuan sebuah organisasi lingkungan tujuan dan sasaran. Sebuah organisasi dapat menemukan manfaat mengadopsi lebih ketat dalam jangka panjang tujuan untuk mendorong untuk meningkatkan kinerjanya. Untuk terus meningkatkan, sasaran harus ditinjau secara berkala.
Konsultasi: konsultasi staf dan masyarakat harus dilakukan sebelum, selama dan setelah pembentukan sebuah EMS. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa semua staf yang terlibat dalam, dan berkomitmen untuk EMS. Ia juga dapat membantu untuk meningkatkan persepsi publik dari perusahaan, salah satu manfaat dari pelaksanaan sebuah EMS.
Operasional dan Prosedur Darurat: semua prosedur harus ditinjau untuk memastikan mereka yang kompatibel dengan organisasi lingkungan tujuan dan sasaran. Setiap perubahan harus disertakan dengan dokumentasi.
Rencana Pengelolaan Lingkungan: ini rincian metode dan prosedur sebuah organisasi yang akan digunakan untuk memenuhi tujuannya dan sasaran.
Dokumentasi: semua tujuan, sasaran, kebijakan, prosedur dan tanggung jawab harus didokumentasikan bersama dengan informasi tentang kinerja lingkungan. Dokumentasi ini berguna untuk memverifikasi kinerja lingkungan staf, regulator dan masyarakat.
Struktur Pelaporan dan tanggung jawab: tanggung jawab harus dialokasikan untuk staf dan manajemen untuk memastikan EMS dilaksanakan secara efektif.
Pelatihan: staf harus menjalani pelatihan kesadaran lingkungan untuk Biasakan diri mereka dengan tanggung jawab mereka untuk melaksanakan EMS dan dengan keseluruhan kebijakan lingkungan dan tujuan dari organisasi. Ini dengan menyediakan staf yang diperlukan keterampilan dan motivasi yang efektif untuk implementasi EMS.
Tinjauan Audit Pemantauan dan Kepatuhan: meninjau audit harus dilakukan secara berkala untuk memastikan EMS tepat sasaran dan untuk memperbaiki prosedur operasional untuk memenuhi tujuan iniUntuk memastikan peraturan dan persyaratan lainnya sedang bertemu, sering diperlukan untuk melakukan pemantauan lingkungan biasa.
Peningkatan terus menerus: komponen penting adalah peningkatan terus menerus. EMS yang datang ke dalam terbaik menggunakan bila digunakan untuk meninjau kemajuan terhadap sasaran dan tujuan yang ditentukan oleh perusahaan untuk melindungi lingkungan.. Prosedur yang ditetapkan dalam tempat untuk memenuhi tujuan ini harus terus diperiksa untuk melihat apakah mereka dapat ditingkatkan atau lebih efektif jika sistem dapat diperkenalkan.
Manfaat dari EMS
Sebuah EMS dapat membantu perusahaan dalam cara sebagai berikut:
• meminimalkan kewajiban lingkungan;
• memaksimalkan penggunaan sumberdaya yang efisien;
• mengurangi limbah;
• menunjukkan imej korporat yang baik;
• membangun kesadaran lingkungan keresahan di kalangan karyawan;
• mendapatkan pemahaman yang lebih baik atas dampak lingkungan dari kegiatan usaha; dan
• meningkatkan keuntungan, meningkatkan kinerja lingkungan, lebih efisien melalui operasi.
Sebuah EMS dapat menjadi alat yang baik untuk organisasi untuk meningkatkan kinerja lingkungan, dan meningkatkan efisiensi bisnis mereka. Sebuah EMS tidak menentukan, agak, ia memerlukan organisasi untuk berperan aktif dalam mengamati praktek, dan kemudian menentukan bagaimana mereka dampak terbaik harus dikelola Hal ini mendorong pendekatan kreatif dan solusi yang relevan dari organisasi itu sendiri.
Meskipun pelaksanaan sebuah EMS pada dasarnya adalah sebuah inisiatif sukarela, ia juga dapat menjadi alat yang efektif bagi pemerintah untuk melindungi lingkungan karena dapat membantu peraturan.. Misalnya, sistem teratur dapat mendorong organisasi untuk menggunakan EMS untuk memenuhi standar, dengan memberikan insentif yang kuat untuk kinerja lingkungan.
Begitu juga, organisasi dapat menggunakan EMS untuk memastikan bahwa kinerja mereka dengan persyaratan-persyaratan, dan ke depan tetap peraturan yang lebih ketat mungkin akan diperkenalkan di masa depan.
Standar internasional Lingkungan – ISO 14000
saat ini dikembangkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisation (ISO), adalah kumpulan dari standar yang sukarela membantu organisasi untuk mencapai keuntungan keuangan dan lingkungan melalui pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup yang efektif. Standar menyediakan kedua model untuk penyederhanaan pengelolaan lingkungan, dan pedoman untuk memastikan isu-isu lingkungan hidup dianggap dalam praktek pengambilan keputusan.
ISO 14001 merupakan standar untuk Sistem Manajemen Lingkungan.Banyak perusahaan besar, terutama di luar negeri, telah mendapatkan sertifikasi di bawah standar.
Manfaat Sertifikasi Internasional
Manfaat memiliki sertifikasi ISO 14001 adalah menyadari terutama oleh organisasi besar, seperti untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang lebih kecil dan omset correspondingly kecil sehingga akhirnya kembali pada biaya sertifikasi.
Meskipun yang terisi penuh sertifikat ISO EMS mungkin tidak cocok untuk organisasi kecil, ia memberikan pedoman yang membantu organisasi untuk mempertimbangkan semua masalah yang relevan, dan karena itu yang paling mendapat manfaat dari mereka EMS, bahkan tanpa sertifikasi. UKM sehingga dapat menggunakan ISO 14001 sebagai model untuk merancang sendiri EMS.
Namun, organisasi yang lebih besar mungkin sertifikasi lebih berharga bila mengingat potensi perdagangan dan keuntungan dari pasar internasional yang diakui dan sertifikasi EMS. Ini merupakan faktor penting bagi perusahaan-perusahaan mencari sertifikasi ISO 9000 di bawah standar kualitas, dan itu sepertinya akan menjadi faktor dalam keputusan mengenai sertifikasi ISO 14001.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: