KONSULTAN ISO 9000, ISO 9001 CONSULTANT, QUALITY CONSULTANT, KONSULTAN MUTU, KONSULTAN MANAJEMEN MUTU, QUALITY MANAGEMENT CONSULTANT, ISO CONSULTANT, ISO 9001 KONSULTAN, KONSULTAN MANAJEMEN MUTU, TRAINING ISO 9001, AUDIT MUTU, CONSULTAN QUALITY, KONSULTAN BSC, 5S, SIX SIGMA, PRODUKTIVITAS, KONSULTAN AUDIT, KONSULTAN ISO 9001, CONSULTANT ISO, KONSULTAN ISO9001, KONSULTAN MANAJEMEN MUTU, KONSULTAN ISO 9001:2008, KONSULTAN AUDIT INTERNAL iso 9001:2008, KONSULTAN QMS, , ISO 9001:2008, KONSULTAN MANAJEMEN SISTEM ISO 9001, CONSULTANT ITO 9001, iso9001 CONSULTANT, CONSULTAN ISO 9001: 2008, CONSULTANT MANAJEMEN MUTU, CONSULTANT MUTU ISO 9001, CONSULTANT AUDIT INTERNAL iso 9001:2008, CONSULTANT SYSTEM MANAJEMEN, CONSULTANT ISO9001:2008, CONSULTANT MANAJEMEN SYSTEM ISO 9001

ANDA MENCARI KONSULTAN ISO 9000, ISO 9001 CONSULTANT, QUALITY CONSULTANT, KONSULTAN MUTU, KONSULTAN MANAJEMEN MUTU, QUALITY MANAGEMENT CONSULTANT, ISO CONSULTANT, ISO 9001 KONSULTAN, KONSULTAN MANAJEMEN MUTU, TRAINING ISO 9001, AUDIT MUTU, CONSULTAN QUALITY, KONSULTAN BSC, 5S, SIX SIGMA, PRODUKTIVITAS, KONSULTAN AUDIT, KONSULTAN ISO 9001, CONSULTANT ISO, KONSULTAN ISO9001, KONSULTAN MANAJEMEN MUTU, KONSULTAN ISO 9001:2008,  KONSULTAN AUDIT INTERNAL iso 9001:2008,  KONSULTAN QMS, , ISO 9001:2008,  KONSULTAN MANAJEMEN SISTEM ISO 9001, CONSULTANT ITO 9001, iso9001 CONSULTANT,  CONSULTAN ISO 9001: 2008, CONSULTANT MANAJEMEN MUTU, CONSULTANT MUTU ISO 9001, CONSULTANT AUDIT INTERNAL iso 9001:2008, CONSULTANT SYSTEM MANAJEMEN, CONSULTANT ISO9001:2008, CONSULTANT MANAJEMEN SYSTEM ISO 9001, . CALL : REKO HANDOYO- 0819 32985325, 081389411679, 081707902678. PT. Sien Consultant OFFICE: 021-98567515,Email: reko.handoyo@gmail.com

DELAPAN PRINSIP MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008

Delapan prinsip manajemen mutu pada sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 dipergunakan memimpin organisasi kearah perbaikan kinerja. Delapan prinsip manajemen mutu tersebut adalah :

q  Fokus pada pelanggan

Suatu perusahaan/organisasi Harus memahami kebutuhan pelanggan karena pelanggan adalah kunci meraih keuntungan. Oleh karena itu organisasi harus memahami kebutuhan/keinginan pelanggan baik saat ini maupun di masa mendatang, agar dapat memenuhi persyaratan pelanggan dan mampu melebihi harapan pelanggan. Dan secara proaktif menetapkan level kepuasan pelanggan.

q  Kepemimpinan

Penerapan prinsip kepemimpinan mengarah pada :

1. Menetapkan kebijakan mutu, struktur organisasi, mengidentifikasi dan menyediakan sumber daya

2. Menciptakan lingkungan kerja dimana semua personnel ambil bagian dalam pencapaian target atau sasaran organisasi

3. Komitmen “continual improvement” sistem manajemen mutu

q  Keterlibatan personel

Keterlibatan seluruh karyawan dalam organisasi adalah dasar yang sangat penting dalam prinsip manajemen mutu . Personnel semua level adalah inti organisasi : secara penuh harus ikut serta dalam kelangsungan bisnis organisasi, sehingga:

Ø  Mengidentifikasi tanggungjawab dan wewenang

Ø  Mengidentifikasi kompetensi, kebutuhan, penyediaan dan mengevaluasi pelatihan serta memelihara catatan pelatihan

Ø  Mengidentifikasi dan mengendalikan faktor manusia dan area kerja untuk mencapai kesesuaian produk

q  Pendekatan proses

Dalam konteks ISO 9001:2008, pendekatan proses mensyaratkan organisasi untuk melakukan identifikasi, penerapan, pengelolaan dan melakukan peningkatan mutu berkelanjutan (continual quality improvement). Pendekatan secara proses diperlukan saat menyusun dan menerapkan sistem mutu. Hal ini menuntut setiap bagian/fungsi untuk memiliki visi terhadap kepuasan pelanggan. Pendekatan proses mencakup:

1. Orientasi hasil yang efektif

2. Sumber daya dan aktivitas dikendalikan sebagai proses

3. Secara sistematis mengidentifikasi dan mengendalikan proses yang digunakan untuk memastikan kesesuaian produk

q  Pendekatan sistem pada manajemen

Pendekatan sistem pada manajemen didefinisikan sebagai identifikasi pemahaman, dan pengelolaan sistem dari proses yang saling terkait untuk pencapaian dan peningkatan sasaran perusahaan/organisasi dengan efektif dan efisien.

Mengidentifikasikan, memahami dan mengendalikan sistem dan interaksi antar proses untuk memberikan kontribusi pada efektifitas dan efisiensi organisasi, sehingga suatu organisasi mampu:

Ø  Menetapkan sasaran mutu tiap proses

Ø  Menetapkan interaksi dan rangkaian proses

Ø  Memantau dan mengukur efektifitas tiap proses

q  Penyempurnaan berkelanjutan

Peningkatan berkelanjutan harus dijadikan sasaran dan tujuan tetap organisasi sehingga Sasaran tetap organisasi dapat diketahui dan ditetapkan dan kemudian juga organisasi mampu memantau kinerja melalui sasaran mutu yang terukur tiap fungsi terkait dan level dengan menggunakan peratalan seperti : audit internal, tinjauan manajemen, corrective and preventive action

q  Pendekatan faktual pada pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan yang efektif didasarkan pada analisis data dan informasi. Oleh karena itu pengambilan keputusan harus didasarkan pada: logika, analisa data, serta informasi yang tepat dan dapat dipertangung jawabkan.

q  Hubungan dengan pemasok yang saling menguntungkan

Organisasi dan pemasoknya/supplier saling tergantung, dan sudah selayaknya merupakan hubungan yang saling menguntungkan dalam rangka meningkatkan kemampuan keduanya dalam menciptakan nilai.  Maka hubungan saling menguntungkan itu didasarkan pada:

1.    Menetapkan dan mendokumentasikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemasok

2.    Meningkatkan kemampuan kedua organisasi untuk lebih baik

3.    Seleksi, meninjau dan mengevaluasi kinerja pemasok untuk mengendalikan produk yang dipasok

Untuk informasi KONSULTAN ISO 9000, ISO 9001 CONSULTANT, QUALITY CONSULTANT, KONSULTAN MUTU, KONSULTAN MANAJEMEN MUTU, QUALITY MANAGEMENT CONSULTANT, ISO CONSULTANT, ISO 9001 KONSULTAN, KONSULTAN MANAJEMEN MUTU, TRAINING ISO 9001, AUDIT MUTU, CONSULTAN QUALITY, KONSULTAN BSC, 5S, SIX SIGMA, PRODUKTIVITAS, KONSULTAN AUDIT, KONSULTAN ISO 9001, CONSULTANT ISO, KONSULTAN ISO9001, KONSULTAN MANAJEMEN MUTU, KONSULTAN ISO 9001:2008,  KONSULTAN AUDIT INTERNAL iso 9001:2008,  KONSULTAN QMS, , ISO 9001:2008,  KONSULTAN MANAJEMEN SISTEM ISO 9001

REKO HANDOYO, S.IP

Business Consultant

PT. Sien Corpora  (SIEN CONSULTANT)

Jakarta Barat, Indonesia

Mobile: 081932985325, 0813 89411679, 081807902678

Kantor telp:021-98567515, fax: 021-5682655

Website: http://konsultan-manajemen.com

Blog: http://manajemenconsultant.wordpress.com

Email: reko.handoyo@gmail.com, reko@sienconsultant.com

2 Komentar »

  1. Salam kenal Tuan. Pls visit my site. Maybe we can do a link exchange?

  2. PLEASE VISIT http://konsultan-manajemen.com

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: